Skip navigation

Herbeth Spencer adalah orang pertama yang memperkenalkan istilah survival of the fittest, perseteruan abadi sebagai bentuk persaingan untuk bertahan dalam kehidupan. Hal itu ia tuangkan dalam bukunya Principles of Biology pada tahun 1864 alias 200 tahun lebih lalu.

Herbeth Spencer

Menurut Spencer, hukum persaingan dalam bertahan hidup tak hanya terjadi dalam dunia biologi. Tapi juga di dunia ekonomi. Bahkan, Charles Darwin mengungkapkan persaingan untuk terus hidup merupakan hukum besi seleksi sejarah alam semesta dalam teori evolusinya.

Karena itu, boleh dibilang kehidupan manusia dan alam merupakan hasil pertarungan abadi. Siapa yang menang, dia akan terus bertahan. Mereka yang kalah akan tersingkir dan tergilas oleh hukum besi sejarah kehidupan.

Permainan catur barangkali disukai karena mirip dengan simulasi persaingan di kehidupan nyata. Terutama hukum besi alam dan sejarah manusia: survival of the fittest, hukum persaingan untuk terus bertahan hidup.

catur sebagai pertempuran

Dalam dunia persaingan, kebenaran sekalipun tak cukup kuat bagi setiap mahluk hidup untuk terus bertahan. Diperlukan sejumlah syarat lain berupa kekuatan, kecerdikan, keunggulan taktis dan strategis agar tetap bisa bertahan dalam kehidupan. Maka kehidupan, seperti halnya permainan catur, merupakan sekumpulan taktik dan strategi terus-menerus.

Dalam permainan catur –seperti halnya dalam perang fisik, persaingan ekonomi, atau pemberontakan politik– sebuah taktik biasanya diartikan sebagai sebuah langkah segera untuk merespon serangan lawan. Taktik dilakukan untuk membatasi pilihan lawan sehingga meningkatkan keuntungan posisi bagi orang/pemain tersebut dalam tempo sesaat.

Karenanya, pengertian taktik berbeda dengan strategi. Srategi memerlukan beberapa tahapan/langkah untuk memewujudkannya. Karena itu lebih memakan waktu. Tujuannya apalagi kalau bukan mengecoh lawan. Sehingga lawan lengah dan kalah karena lalai mengantisipasi serangan.

Tak mengherankan jika para ahli taktik dan strategi dunia menyukai permainan ini. Sebut saja pemimpin revolusi Rusia, Vladimir Ilyich Lenin, atau pendiri negara Kuba, Fidel Castro. Bahkan juga Karl Marx, dan jendral yang sulit dikalahkan dalam pertempuran macam Napoleon Bonaparte.

Untuk itu, tulisan ini akan mengawali tulisan-tulisan lainnya taktik dan strategi dalam permainan catur di medium ini.

in chess we trust

pengasuh

*****

Lihat juga:

Catur sebagai Perang

Chess, Strategy and Tactics

Penis Terbang Teror Kasparov

Pilihan Jurnalis: Anand Pecatur Terbaik 2007

Asal Usul Catur

Bila Karl Marx Bermain Catur

****

About these ads

14 Comments

  1. tanpa persaingan dunia tidak akan maju

  2. hebat euy situsnya… hidup catur!

  3. Lumayan Jelek lah dikit, soalnya gambar-gambarnya itu lho kurang bermutu bangEt!

  4. catur permainan yang luar biasa untuk dimainkan

  5. tanpa bermain catur otak gw bisa beku’gw paling suka bermain catur’moga ajah gw dapat mertua yg hoby nya main catur. hehehe

  6. catur memang permainan luar biasa

  7. bertahan hidup dengan mengatur strategi maju terus

  8. MAEN CATUR DUND MA SAYA..
    DI TUNGGU Y JWBNNYA..

  9. maen ama aku aja di jorongan

  10. sy mau maen catur sama para mster

  11. sungguh permainan yang sangat mengasah otak

  12. catur adalah seni yang terpenting apa yang salah dari gagal dalam menyerang dan bertahan tidak skak mat pada lawan dalam permainancatur. tips catur punya organisasi bidak yang terstruktur dalam bertahan yang terbaik dan level meyerang yang terbaik, tapi human eror sering salah yaitu kurang tetliti kurang teliti,

    NASEHAT JANGAN BANGGA KETIKA BIDAK LAWAN TERDESAK HEBAT, TETAP LIHAT PERTAHANAN JANGAN HANYA LIHAT MENEYERANG SAJA, MEMPERHATIKAN PERTAHANAN GUNAKAN 3 PORSI DAN LIHAT KONSEP PENYERANGAN 2 PORSI JIKA KONSISTEN DIDUKUNG KESABARAN DAN TELITI SIAPAPUN LAWAN ANDA AKAN MAT, KARENA KEKALAHAN CATUR BUKAN PADA PEMAINYA TETAPI PADA FORMASI STRUKTUR ORGANISASI BERTAHAN DAN MENYERANGNYA. 2 + 1 PASTI SAMA =3 WALAU TERJADI PADA KARPOP ATAU PADA PECATUR AMATIRAN SEKALI KALAU 2 + 1 +3, JADI JANGAN TAKUT , SABAR TELITI ULET DAN KOSNSISTEN, DAN LIHAT FORMASI MNEYARANG DAN BERTAHAUANYA APAKAH ITU FORMASI YANG TERBAIK DALAM BERTAHAN DAN DALAM MEYERANG. OK INI ILMU HEBAT

  13. Aku tertarik banget

  14. semoga catur tetap dikembangkan selalu,amiin,.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: