Skip navigation

Yuniesky Quesada, Kamis (31/1/2008) malam tak menyia-nyiakan kesempatan emas. Mendapat gelar Grand Master dari FIDE Santiago, mengalahkan Master FIDE Lelys Martínez (2.445), dan menjadi Juara Catur Kuba yang baru.

Yuniesky Quesada

Pemuda dari provinsi Villa Clara ini mengalahkan lawan terakhirnya setelah langkah ke-60 melalui Pertahanan Sisilia. Kemenangan itu memberinya satu tempat di tim catur Kuba untuk mengikuti Olimpiade Catur bulan November depan.

Quesada menggunakan metode tradisional: bermain bertahan saat memegang buah hitam dan saat memegang buah putih tak memberi kesempatan lawan untuk menang.

Itu yang terjadi pada Rabu malam. Saat memegang buah hitam ia memilih draw (remis) dengan MF Lely Martinez, namun memukul lawannya sehari kemudian melalui 60 langkah Pertahanan Sisilia.

Raja catur baru kuba ini memang tak sempat bermain dengan bekas juara dunia GM Lázaro Bruzón (2607) setelah ia kalah di semifinal melawan Lelys. Namun kemenangannya ini tetap saja penting.

Quesada kini berada di rangking ketiga nasional dengan elo rating 2.590. Ia mengatakan kini tengah mempersiapkan dirinya mengikuti turnamen besar tahun ini, seperti Capablanca In Memoriam Tournament di Havana dan World Chess Team Olympiad di Jerman.

Di semifinal, Quesada menyisihkan GM Holden Hernandez sementara MF Lely Martinez secara mengejutkan menyingkirkan juara bertahan GM Lazaro Bruzon. ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: