Skip navigation

Bekas juara dunia catur dan pimpinan oposisi Rusia, GM Garry Kasparov, lagi-lagi diteror akibat aktivitas politiknya.

Kali ini teror itu berbentuk penis terbang. Penis plastik yang bagian atasnya dipasangi baling-baling itu dikendalikan dari jauh oleh seorang provokator pro-Putin di tengah pidato Kasparov di sebuah pertemuan aktivis oposisi Rusia.

Pertemuan di ibukota Moscow itu sendiri sedikitnya dihadiri 700 aktivis oposisi awal pekan ini. Namun, para demonstran pro-Kremlin memutuskan mengganggu pidato Kasparov dengan tujuan mengacaukan pertemuan oposan politik tersebut. Caranya dengan melepas sebuah helikopter mainan berbentuk penis saat Kasparov berpidato.

Heli berbentuk penis ini sempat melayang di atas gedung selama 20 detik. Sebelum petugas keamanan akhirnya berhasil menurunkan paksa heli mainan itu dari udara. Insiden itu bisa dilihat di film yang ada di artikel ini.

Harian Moscow Times edisi 20 Mei 2008 melaporkan aksi itu dilakukan oleh “seorang aktivis Pemuda Rusia Pro-Kremlin.” Kasparov sendiri dilaporkan tidak mengalami luka-luka atas insiden murahan tersebut.

Kasparov hanya tertawa melihat insiden itu seraya menyebutnya sebagai insiden “di bawah ikat pinggang.”

“Saya pikir kami harus berterimakasih pada demonstran karena menunjukkan tingkat pemahaman yang tidak bisa kami antisipasi,” ujarnya ringan.

Kasparov adalah seorang pecatur termuda peraih gelar Juara Dunia Catur tahun 1985. Namun ia juga tercatat sebagai pecatur terhebat dunia yang pernah dikalahkan komputer, saat ia mengalami kekalahankontroversial dari Deep Blue tahun 1997.

Kasparov mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia catur profesional tahun 2005. Ia lalu menghabiskan waktunya di dunia politik. Belakangan, ia mendirikan Gerakan Front Sipil Bersatu, dan menjadi seorang anggota Rusia Baru, sebuah koalisi oposisi guna melawan kediktatoran pemimpin Rusia, Vladimir Putin. (MT/SM)

Lihat juga:

Karpov Bicara Keuntungan Bermain Catur

Berakhirnya Era Dominasi Catur Rusia

Manusia Catur

Obituari Bobby Fischer

A. Timofeev Menangkan Moscow Open 2008

****

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: